Situasi Jose Fonte Menyulitkan Southampton

Pemain bertahan sekaligus kapten tim Southampton, Jose Fonte semakin dekat dengan pintu keluar. Pemain timnas Portugal tersebut meminta manajemen Southampton untuk menjualnya pada bursa transfer bulan Januari ini. Sempat dikabarkan akan hengkang ke Manchester United, Fonte kini diisukan akan merapat ke klub London, West Ham United.

Sejak meminta dijual ke klub lain di awal bulan Januari ini, Jose Fonte tidak pernah dimasukkan ke dalam skuad Southampton untuk ajang Premier League, EFL Cup maupun FA Cup. Pelatih Soton, Claude Puel mengaku situasi yang sedang dihadapi oleh Jose Fonte dan Southampton cukup pelik.

“Situasi yang kami hadapi dengan Jose Fonte ini sangat sulit bagi tim. Ini juga menjadi sulit bagi dirinya juga. Semua ini bukan karena transfer di bulan Januari saja, tapi ada sejak awal musim. Saya mengambil keputusan untuk mendepak Jose Fonte dari tim untuk melindungi skuad yang ada terhadap segala macam kemungkinan yang bisa terjadi,”

“Dengan banyaknya pertandingan yang kami hadapi, sangat penting bagi kami untuk tetap fokus terhadap pertandingan, bukan hanya fokus kepada Jose saja. Situasi ini memang sulit, tapi skuad kami bisa bertanggung jawab terhadap hal ini,” ungkap Claude Puel.

Southampton sendiri sudah berancang-ancang untuk mencari pengganti dari Jose Fonte. Beberapa nama sudah masuk dalam radar Soton, salah satunya adalah pemain bertahan Liverpool, Mamadou Sakho. Sakho yang tak pernah diturunkan oleh Juergen Klopp di Premier League ini kemungkinan besar akan hijrah ke klub lain. Puel sendiri belum bisa memastikan apakah Sakho akan jadi pengganti bagi Jose Fonte jika benar-benar pindah.

“Saya tahu pemain ini, tapi tidak tahu apa-apa tentang hal ini, ini hanya spekulasi. Kami akan berpikir dengan matang untuk memutuskan apakah akan mencari bek baru jika Jose Fonte benar-benar pindah dari Southampton. Mungkin kami tak akan merekrut pemain baru dan memilih untuk memaksimalkan pemain yang ada di skuad kami,” ungkap Claude Puel.

Teka-teki mengenai kepindahan Jose Fonte akan terus berlanjut. Dengan situasi sekarang ini, akan lebih baik jika Southampton segera melepas Jose Fonte ke klub lain pada bulan Januari ini.