AS Roma Gagal Curi Poin Sempurna di Kandang Porto

AS Roma bermain imbang 1-1 dengan tuan rumah FC Porto di leg pertama babak play off kualifikasi Liga Champions, Rabu (18/8) dini hari tadi. Di pertandingan yang digelar di Estadio Do Drago tersebut, Roma sempat unggul terlebih dahulu melalui gol bunuh diri pemain tuan rumah Felipe. Porto akhirnya berhasil memaksakan hasil imbang usai Andre Silva berhasil mencetak gol penyama kedudukan.

Hasil imbang menguntungkan anak asuhan Luciano Spaletti, dimana mereka akan bertindak sebagai tuan rumah di leg kedua nanti. Hasil imbang tanpa gol saja di leg kedua sudah cukup untuk membawa Serigala Ibukota masuk ke babak grup Liga Champions 2016/2017.

Di pertandingan tersebut, Luciano Spaletti menurunkan skuad terbaiknya. Di lini depan, Edin Dzeko dipercaya sebagai ujung tombak ditemani oleh Mohammad Salah dan Allesandro Florenzi. Di laga tersebut Roma juga menurunkan beberapa rekrutan barunya seperti Deigo Perotti, Juan Jesus dan Thomas Vermaelen.

Kedua tim terlihat bermain sangat hati-hati di babak pertama. AS Roma terlihat lebih menunggu serangan tuan rumah. Il Giallorossi akhirnya bisa mencetak gol ketika laga memasuki menit ke-19 melalui gol bunuh diri pemain Porto, Felipe. Berawal dari sepak pojok Mohammad Salah, bola liar justru dibelokkan oleh Felipe ke gawangnya sendiri. Tertinggal satu gol membuat FC Porto mencoba untuk mengejar ketinggalan. Namun, hingga paruh pertama berakhir, skor 1-0 untuk keunggulan AS Roma tetap bertahan.

Di babak kedua, tuan rumah lebih aktif dalam melakukan serangan. AS Roma dipaksa untuk bermain lebih bertahan. Permainan agresif Porto membuahkan hasil di menit ke-61. Pelanggaran pemain AS Roma membuat wasit menunjuk titik putih. Andre Silva yang dipercaya menjadi algojo sukses menjalankan tugasnya dengan baik dan berhasil menyamakan kedudukan.

Di sisa waktu yang ada, tak ada gol lagi yang tercipta. Pertandingan pun berakhir dengan skor imbang 1-1. Kemenangan ini membuat AS Roma di atas angin. Di leg kedua nanti, gantian AS Roma yang akan menjamu FC Porto. Hasil imbang atau kemenangan tipis 1-0 sudah cukup untuk membawa AS Roma ke babak utama atau babak grup Liga Champions Eropa musim ini.