Brazil Negara Pertama Pemesan Tempat Piala Dunia

Brazil akhirnya menjadi tim pertama yang lolos dari babak kualifikasi ke putaran final Piala Dunia 2018 di Russia. Kemenangan yang diperoleh atas Paraguay di babak kualifikasi Piala Dunia zona Conmebol membuat anak asuhan Tite tersebut kokoh di puncak klasemen sekaligus mencapai titik aman. Poin yang dimiliki oleh Brazil sudah cukup untuk menggaransi mereka lolos ke Russia tahun depan.

Neymar dan Philippe Coutinho kembali menjadi pahlawan Brazil. Keduanya berhasil mencetak masing-masing satu gol untuk La Selecao. Satu gol lainnya disumbangkan oleh bek kiri Real Madrid, Marcelo. Kemenangan 3-0 tersebut membuat Brazil berada di puncak klasemen dengan raihan 33 poin.

Dengan empat pertandingan sisa, poin Brazil sudah tak bisa dikejar lagi oleh peringkat kelima, Argentina. Peringkat kelima sendiri akan menjalani partai play off melawan tim dari konfederasi lain. Pelatih Brazil, Tite pun sangat senang dengan pencapaian yang berhasil ditorehkan oleh anak asuhnya tersebut. Kemenangan serta keberhasilan ini dipersembahkan oleh seluruh rakyat Brazil.

“Kebahagiaan terbesar saya adalah berbagi kebahagiaan. Ketika Anda melihat keluarga sendiri, ketika melihat wajah gembira para pemain, ketika melihat wajah gembira dari anak kecil. Berbagi kebahagiaan adalah kepuasaan terbesar saya dalam hidup,” ujar pelatih Brazil, Tite.

Penyerang Brazil, Neymar juga tak bisa menyembunyikan kebahagiaannya. Meski sempat gagal mengeksekusi penalti, Neymar tetap puas karena Brazil menjadi tim pertama yang lolos ke babak utama Piala Dunia 2018 Russia.

“Saya selalu berpikir untuk melampaui batas saya. Pertama-tama, saya ingin membantu tim saya, selalu, dan kemudian mencoba melampaui batas dan meraih target. Saya sangat senang dengan momen ini, tak hanya momen saya saja tapi juga bersama dengan teman saya. Kami berhasil mencapai target untuk lolos ke Piala Dunia,” ujar penyerang yang bermain untuk Barcelona tersebut.

Dengan ini Brazil akan menyusul tuan rumah Russia yang bertindak sebagai tuan rumah yang meraih satu tempat di babak utama Piala Dunia 2018. Di ajang sebelumnya, Brazil yang saat itu menjadi tuan rumah harus terhenti di babak perempat final dari juara dunia saat itu, Jerman.