Lionel Messi Terancam Hukuman Penjara 21 Bulan

Kabar yang cukup mengejutkan kembali datang dari pesepakbola terbaik dunia, Lionel Messi. Setelah menggemparkan jagat sepakbola dengan niat pensiun dari timnas Argentina, kini Messi membuat heboh terkait persoalan hukum yang menjeratnya. Pengadilan Spanyol menjatuhkan hukuman penjara selama 21 bulan kepada Lionel Messi akibat penggelapan pajak.

Tak hanya Messi saja, ayahanda dari Messi, Jorge juga terkena imbas dari persoalan hukum tersebut. Akibatnya, Lionel Messi dan sang Ayah terancam masuk bui. Penggelapan pajak yang dituduhkan kepada Messi memang sudah menjadi kasus yang sudah berlangsung cukup lama. Namun baru hari Rabu (6/7) ini pengadilan Spanyol memberikan keputusan.

Dalam dakwaan disebutkan, Lionel Messi dan Ayahnya terlibat penggelapan pajak dalam kurun waktu tahun 2007, 2008 dan 2009. Dari dakwaan tersebut, Messi dianggap merugikan Negara Spanyol, yang nilainya mencapai 5 Juta Euro lebih.

Jaksa penuntut pengadilan Spanyol menganggap bahwa Messi melakukan penggelapan pajak di Belize dan Uruguay terkait penggunaan image rights. Namun Messi sendiri membantah terlibat dalam persoalan tersebut dan mengaku tak tahu sama sekali tentang hal tersebut.

Barcelona klub dimana Lionel Messi bermain, mendukung penuh pemainnya tersebut terkait masalah ini. Dari pernyataan resmi klub, Barcelona akan mendukung semua langkah yang akan diambil oleh Messi dan ayahnya untuk menyelesaikan masalah ini.

“FC Barcelona memberikan dukungan penuh untuk Leo Messi dan ayahnya terkait dakwaan penggelapan pajak yang dituduhkan oleh pengadilan Spanyol. Barcelona akan mendukung semua langkah yang akan diambil oleh Messi dan ayahnya untuk menyelesaikan masalah ini,” tulis FC Barcelona yang dikutip lewat situs resmi klub.

Masalah penggelapan pajak ini memang sudah berlangsung cukup lama, tepatnya dari tahun 2007 hingga 2009. Selain diancam hukuman penjara, Messi dan ayahnya juga diharuskan membayar denda sebesar 1 juta Euro lebih. Pihak Messi masih akan melakukan banding untuk perkara ini.

Kasus penggelapan pajak yang menjerat Messi memang cukup menggemparkan. Apalagi kini Lionel Messi terancam mendekam di penjara akibat kasus tersebut. Jika masalah ini tak kunjung selesai, Barcelona tentu akan menjadi pihak yang paling rugi.