Guardiola Enggan di Bebani Target Tinggi

Pelatih baru Manchester City, Pep Guardiola mewanti-wanti pendukung fanatic The Citizens untuk tidak berharap lebih di musim pertamanya bersama City. Pep mengatakan bahwa pendukung City jangan mengharapkan keajaiban kepadanya. Pep berdalih jika dia butuh waktu untuk mendatangkan kejayaan kepada Manchester City.

Mantan pelatih Barcelona dan Bayern Munchen tersebut memang sudah terbiasa dalam memenangkan banyak trofi kepada klub yang diasuhnya. Namun, gelimang trofi Pep Guardiola bersama dengan Barcelona dan Bayern Munchen bukan jaminan jika dia bisa mempersembahkan gelar langsung di musim pertamanya bersama City.

“Datang ke Negara yang menemukan sepakbola dan berharap Anda bisa merubah sesuatu tentu menjadi hal yang berlebihan. Saya tak cukup hebat untuk merubah sesuatu. Hal itu menjadi tantangan terbesar, karena City tak meraih trofi sebanyak Barca dan Bayern Munchen,” ujar Pep Guardiola kepada awak media.

Pep menambahkan jika sulit untuk langsung beradaptasi dan merubah gaya bermain sepakbola Inggris yang sudah sangat otentik. Dia membutuhkan banyak waktu untuk beradaptasi. Oleh sebab itu, pelatih yang mempersembahkan 2 gelar Liga Champions kepada Barca ini berharap supaya proses adaptasi bisa berjalan dengan baik.

“Saya percaya kepada diri saya sendiri. Saya pikir saya bisa melakukan pekerjaan ini. Saya butuh waktu, tapi saya tahu jika saya tidak punya waktu. Hal itu yang terjadi di Barcelona dan Bayern Munchen. Ekspektasinya sama seperti saat saya masih di Spanyol dan Jerman,” tambah Pep.

Pep memang diharapkan untuk bisa membawa Manchester City meraih gelar Premier League di musim pertamanya. Namun hal itu tentu tak mudah karena Premier League adalah liga yang sulit ditebak. Berbeda dengan La Liga Spanyol atau Bundesliga Jerman, kekuatan tim di Premier League Inggris lebih merata. 

Kedatangan banyak pelatih kenamaan, termasuk Pep Guardiola ke Premier League membuat persaingan di musim 2016/2017 akan semakin ketat. Selain Pep Guardiola, ada nama-nama pelatih besar yang akan meramaikan Premier League, mulai dari Arsene Wenger, Antonio Conte, Jose Mourinho, Juergen Klopp, Ronald Koeman hingga Mauricio Pochettino.