Neymar Menjadi Pahlawan di Olimpiade Brazil

Brazil akhirnya sukses meraih medali emas di cabang olahraga sepakbola usai di pertandingan final berhasil mengalahkan Jerman lewat adu tendangan penalti. Kemenangan ini tak hanya medali emas saja bagi Brazil tapi sekaligus membalaskan dendam Brazil kepada Jerman pada ajang Piala Dunia 2014 lalu.

Penyerang Barcelona, Neymar menjadi bintang di pertandingan final tersebut. Selain mencetak satu gol indah lewat tendangan bebas di babak pertama, mantan pemain FC Santos tersebut juga menjadi eksekutor terakhir yang memastikan kemenangan Brazil di pertandingan final tersebut.

Brazil menurunkan skuad terbaiknya di pertandingan tersebut seperti Neymar, Marquinhos, Rodrigo Caio, Renato Augusto dan Gabriel Jesus. Sementara Jerman tetap mengandalkan deretan pemain muda berbakat seperti Mathhias Ginter, Serge Gnabry, Sven dan Lars Bender.

Sejak pertandingan dimulai, Brazil langsung menekan pertahanan Jerman. Brazil akhirnya benar-benar unggul pada menit ke-27 melalui Neymar. Tendangan bebas penyerang Barcelona tersebut sukses bersarang ke gawang timnas Jerman. Gol Neymar tersebut menjadi satu-satunya gol yang tercipta di pertandingan tersebut. Babak pertama pun ditutup dengan skor 1-0 untuk keunggulan Brazil.

Di babak kedua Jerman lebih berani untuk tampil menyerang. Brazil sendiri lebih berkonsentrasi kepada pertahanannya untuk mengamankan keunggulan tipis ini. Serangan demi serangan yang dilancarkan kubu Der Panser akhirnya membuahkan hasil di menit ke-59. Umpan Lars Bender sukses dikonversi menjadi gol oleh Meyer.

Skor imbang 1-1 tersebut bertahan hingga babak kedua berakhir. Pertandingan pun harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu atau Extra Time. Di fase 2×15 menit ini, kedua tim tampak kelelahan dan bermain hati-hati. Hingga babak kedua extra time berakhir, skor 1-1 tetap tak berubah. Pertandingan pun berlanjut ke drama adu penalti.

Empat algojo pertama dari masing-masing tim berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Drama dimulai ketika penendang kelima Jerman, Nils Petersen gagal mengeksekusi tendangan penalti. Neymar yang maju sebagai penendang kelima Brazil pun akhirnya maju dan sukses mencetak gol.

Gol Neymar tersebut memastikan kemenangan Brazil di drama adu penalti. Timnas Brazil pun berhasil mendapatkan medali emas Olimpiade Rio 2016 sekaligus membalaskan dendam di ajang Piala Dunia 2014 lalu.