Lewat Laga Dramatis, Liverpool Singkirkan Dortmund

Lewat Laga Dramatis, Liverpool Singkirkan Dortmund

Lewat perjuangan dramatis, Liverpool akhirnya bisa melaju ke babak semifinal Europa League setelah mengalahkan tamunya, Borussia Dortmund dengan skor 4-3 di leg kedua babak perempat final Europa League. Berkat kemenangan tersebut, Liverpool berhak lolos ke babak selanjutnya karena secara total agregat, The Reds unggul dengan skor 5-4 atas tamunya dari Jerman tersebut.

Pertandingan yang dihelat di stadion Anfield Stadium tersebut berjalan dengan sangat seru. Di menit ke-60, skor menunjukkan 1-3 untuk keunggulan Dortmund. Untuk bisa lolos, Liverpool harus bisa mencetak 3 gol dalam kurun waktu 30 menit. Dan keajaiban pun terjadi, Liverpool berhasil mencetak tiga gol dan memastikan satu tempat di babak semifinal Europa League.

Di leg pertama, pertandingan berkahir dengan skor imbang 1-1. Untuk bisa lolos ke semifinal, Liverpool hanya butuh hasil imbang tanpa gol. Namun, tim tamu yang juga sangat ingin lolos ke semifinal mengejutkan publik Anfiled Stadium. Anak asuhan Thomas Tuchel tersebut berhasil unggul cepat lewat Henrikh Mkhitryan di menit ke-5 dan Piere-Emerick Aubameyang di menit ke-9.

Keunggulan 2 gol Liverpool tersebut menutup babak pertama pertandingan. Di awal babak kedua, The Reds berhasil memperkecil ketinggalan lewat gol Divock Origi. Namun, Dortmund kembali menjauh setelah Marco Reus berhasil mencetak gol di menit ke-60 untuk membawa Dortmund unggul 1-3.

Tertinggal 1-3 membuat Liverpool harus bisa mencetak 3 gol di sisa 30 menit pertandingan untuk bisa lolos ke babak semifinal. Momen ini sangat mirip dengan final liga Champions 2005 lalu kala The Reds berhadapan dengan klub Italia, AC Milan.

Dan keajaiban pun terjadi. Di menit ke-66 Coutinho berhasil memperkecil ketinggalan Liverpool lewat golnya. Sepuluh menit berselang, Mamadou Sakho sukses menyamakan kedudukan setelah memanfaatkan umpan Phiip Coutinho.

Liverpool butuh satu gol lagi untuk bisa lolos. Dan gol yang ditunggu-tunggu publik Anfiled pun tercipta di menit akhir pertandingan. Menerima umpan James Milner, sundulan Dejan Lovren merobek jala gawang Dortmund yang dijaga Roman Weidenfeller. Liverpool pun menang secara dramatis atas Borussia Dortmund.

Kemenangan 4-3 ini disambut dengan penuh suka cita oleh para pendukung Liverpool. Liverpool yang menjadi satu-satunya wakil Inggris di kompetisi Liga Eropa musim ini akan selangkah lagi menuju gelar juara Europa League musim 2015/2016.