Jurgen Klopp Ternyata Bercita-cita Menjadi Dokter Bukan Pelatih

Jurgen Klopp 2Sayangnya, apa yang dia cita-citakan sejak muda tidak sejalan dengan bakat yang dia miliki, bahkan, guru sekolahnya pun sampai harus berkata bahwa dia tidak cocok dengan ilmu medis, alhasil Sepakbola kini jadi jalan sukses bagi dirinya.

Saat ini, Jurgen Klopp kita kenal baik sebagai salah satu pelatih Jenius, dia sudah membuktikan kejeniusannya sebagai peramu taktik saat masih tangani Borussia Dortmund dan sempat nyaris menjuarai Liga Champions Eropa bersama klub Jerman tersebut. Sekarang, klopp dipercaya bakal melanjutkan kisah suksesnya sebagai Juru Taktik Sepakbola bersama dengan Liverpool, tapi tahukah anda bahwa ternyata pada awalnya sosok berusia 48 tahun tersebut tidak bercita-cita untuk menjadi pelatih sepakbola?

Ya, faktanya memang demikian, dan hal tersebut diceritakan Klopp dalam buku Biografinya berjudul ’The Reading Game’. Melenceng dari pekerjaannya saat ini, ternyata dulu, Klopp bercita-cita menjadi seorang dokter. Tapi sangat disayangkan, apa yang ia cita-citakan dan bakat yang ia miliki tidak sejalan.

”Saya merasa bahwa saya tidak cukup pintar untuk berkarir di bidang medis, saat pihak sekolah mengeluarkan sertifikat Level A, guru saya berkata kepada saya ’Saya berharap kami mencapai kesuksesan di Sepakbola, karena bidang lainnya tidak cukup bagus untuk kamu’ . ” Kenang klopp dalam buku otobiografinya.

Apa yang dikatakan sang Guru memang benar, dan doanya terkabul, sekarang Klopp menjadi salah satu pelatih terbaik di dunia.